7 Tips Agar Tidur Nyenyak

7 Tips Agar Tidur Nyenyak - Rekomendasi istirahat yang baik berkisar antara 7-8 jam. Tapi, terkadang susah untuk mengisi anjuran tersebut bila ada tidak sedikit pekerjaan yang mesti diselesaikan. Belum lagi bila situasi stres menciptakan kita susah tidur. Ketika kita merasa paling lelah ketika bangun pagi, dibuntuti dengan sakit kepala, bahkan sampai ketiduran di siang hari, tandanya terdapat yang salah dengan rutinitas istirahat Anda. Simak tulisan ini untuk menggali tahu tips dan trik mendapatkan istirahat cukup, dan pun nyenyak.

1. Stop minum kopi dan alkohol di sore hari

Untuk mendapatkan istirahat berkualitas, hentikan konsumsi kafein dalam format apapun (teh, kopi, minuman energi, soda, bahkan permen cokelat) dan alkohol minimal delapan jam sebelum masa-masa tidur.

2. Yoga atau meditasi sebelum tidur

Olahraga enteng yang dibarengi dengan sesi relaksasi napas sejenak 10-20 menit sebelum tidur dapat membantu kita untuk istirahat lebih nyenyak, namun tidak boleh berlebihan sebab tubuh Anda malah malah bakal semakin lelah dan dapat terdistraksi dari tidur. Yoga atau meditasi dapat jadi solusi yang ampuh melawan insomnia, tidak melulu untuk mendinginkan pikiran dari stres pekerjaan, namun pun menyiapkan tubuh untuk istirahat nyenyak.

3. Jangan main handphone atau laptop di tempat tidur

Melatonin, hormon alami tubuh yang diproduksi oleh kelenjar pituitary yang menolong Anda tidur, melulu ada di malam hari. Jadi, ketika Anda mematikan lampu kamar dan berhenti mengutak-atik handphone sebelum tidur, benak dan mata Anda bakal mulai mengantarkan sinyal ke kelenjar pineal Anda guna mulai memproduksi melatonin. Jika Anda tergolong orang yang tidak dapat lepas dari gadget Anda, install software yang dapat mengurangi gelombang cahaya biru dari perlengkapan Anda.

4. Mandi air hangat sebelum tidur

Saat malam, temperatur tubuh menurun dan anda mulai merasa lelah, mengantuk, dan lesu. Semakin dingin suhu tubuh, semakin sedikit semangat diri kita guna melakukan kegiatan penting, laksana bernapas dan memompa darah. Pendinginan tubuh ialah salah satu alami tubuh guna menandakan bahwa anda siap tidur. Namun, pendinginan di malam hari bakal menjadi sebuah hal yang mengganggu andai kita sedang di lingkungan yang gerah dan lembab, di mana udara ingin untuk tetap sedang di suhu kamar atau bahkan lebih panas lagi. Mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu tubuh Anda guna menurunkan temperatur alaminya dan pun melemaskan otot-otot tubuh, supaya bangun pagi jadi lebih segar.

5. Jauhkan jam dari anda

Jika kita tidak dapat tidur, atau terbangun di malam hari dan menyaksikan waktu yang berlangsung seakan ‘menghantui’ Anda, ini akan menciptakan Anda gugup dan cemas, dan semakin sulit untuk Anda untuk mengawali atau pulang meneruskan tidur. Jadi jauhkanlah jam dari anda pada saat ingin tidur.

6. Atur suhu kamar

Suhu kamar yang ideal demi mendapatkan istirahat nyenyak ialah 20-23°C. Bila butuh Anda juga dapat tidur tanpa pakaian.

7. Jangan makan malam dekat waktu tidur

Proses pencernaan perlu waktu yang tidak sebentar, dan pastinya Anda tidak hendak langsung buru-buru berbaring sesudah makan. Langsung istirahat sesudah makan dapat meningkatkan kadar asam lambung dan merangsang sakit maag. Terkadang dapat juga memunculkan rasa panas di perut, dada, dan tenggorokan. Beri jarak yang lumayan antara waktu santap malam dan waktu istirahat Anda.

Itulah 7 Tips Agar Tidur Nyenyak. Semoga bermanfaat yaa.

Masukan Emailmu Untuk Menjadi Visitor Premium GelahSehat

0 Response to "7 Tips Agar Tidur Nyenyak"

Post a Comment