Bahaya Keseringan Meminum Air Es Untuk Kesehatan

Bahaya Keseringan Meminum Air Es Untuk Kesehatan - SAAT kondisi panas, terik, kerongkongan terasa kering. Minum air es dingin menjadi terasa nikmat dan menyegarkan. Benarkah minum air es berbahaya untuk tubuh? Ternyata minum es masih menjadi polemik untuk kesehatan sampai ketika ini. Ada yang menuliskan berbahaya, terdapat pula yang menuliskan tidak.


Apa Bahaya Minum Air Es/Air Dingin?

1. Mempersempit Usus

Kebiasaan meminum air es/dingin akan mengakibatkan dinding usus menyempit. Proses penghancuran dan penyerapan makanan dalam usus terganggu. Suhu es/dingin akan dapat menyebabkan pembekuan partikel-partikel makanan yang berminyak yang sudah kita konsumsi. Akan terjadi penumpukan lemak di bagian drainase usus sampai-sampai terjadi penyusutan usus. Akibatnya bakal memperlambat pencernaan dan mengganggu proses pencernaan secara luas bakal terganggu.

2. Membuat Perut Buncit

Pada ketika proses penghangatan, air es pun akan dihangatkan oleh bantalan lemak-lemak yang terdapat di perut. Bila minum air dingin sering dilaksanakan (bahkan menjadi kebiasaan) maka akan diperlukan bantalan lemak yang semakin banyak. Bantalan lemak diperoleh dari asupan makanan yang kita santap sehari-hari yang bakal tertimbun dalam perut. Bila tidak diimbangi dengan olahraga yang lumayan maka bantalan lemak bakal semakin banyak. Perut anda akan semakin membuncit.

3. Memperlambat Pencernaan

Dalam konsep kedokteran, pencernaan ialah suatu proses yang memerlukan panas. Bagi memperkuat proses pencernaan, diperlukan makanan hangat, makanan yang dimasak, atau minuman hangat. Masuknya air es yang ingin dingin bakal memadamkan proses panas yang sebenarnya diperlukan tubuh. Dampaknya, bila anda minum air dingin/es, atau memakan bahan makanan apa juga yang lebih rendah dari pada suhu tubuh dan suhu kamar, akan mengakibatkan ketidaknyamanan pada tubuh.

Dalam konsep kedokteran timur, terjadi ketidakseimbangan dalam tubuh yang dapat menyebabkan sakit. Namun pendapat lain menuliskan bahwa, air es (suhu dingin) akan merasakan proses penghangatan secara alami oleh tubuh sendiri, sampai-sampai suhu air es cocok dengan suhu tubuh kita. Penghangatan akan dilaksanakan saat air es masuk ke rongga mulut, kerongkongan dan masuk ke lambung. Suhu air es pun akan dinetralisir dalam proses ini. Bagi melancarkan pencernaan kita memerlukan makanan kaya serat yang baik guna tubuh.

4. Membuat Perut Kembung

Air es/dingin akan menciptakan suhu tubuh menyesuaikan (atau sebaliknya) dengan makanan yang masuk. Meminum es akan mengolah irama kerja organ di dalam perut. Selaput lendir di lambung bakal kontraksi (mengerut). Efek lanjutnya perut otot terasa kraam atau kejang. Enzim dan cairan lambung bakal bereaksi terhadap suhu dingin tersebut. Timbul gas dalam perut yang dapat membuat perut kembung (begah).

5. Akibatkan Pusing

Banyak orang menduga pusing melulu disebabkan dampak kurang darah, tetapi tidak tidak sedikit yang tahu bahwa urusan itu dapat disebabkan oleh bahaya minum air es. Ketika metabolisme tubuh terganggu, sistem syaraf pusat juga tidak siap menerima respon evolusi suhu dalam masa-masa cepat. Organ-organ tubuh yang sedang memerlukan oksigen dan zat urgen lainnya secara cepat berkurang suplainya. Otak tidak dapat beradaptasi dengan cepat. Akibatnya anda akan merasa pusing, suplai darah ke benak berkurang. Hati-hati pada penderita hypertensi (darah tinggi) atau hypotensi (darah rendah).

6. Rasa Haus Berlebih

Ketika anda minum air es/dingin, rasa haus bakal lebih terasa lagi. Dan saat kita meningkatkan lagi minum air dingin, maka air dingin berlebih akan dapat menimbulkan ketidakseimbangan tubuh. Hal ini terjadi sebab air dingin akan mengakibatkan tubuh lebih cepat kehilangan cairan. Rasa haus ialah indikator bahwa tubuh kita kelemahan cairan yang mesti segera anda penuhi, dengan teknik menggantinya dengan minum air suhu kamar biasa. Sehabis olahraga, tubub kita kelemahan cairan, maka dianjurkan untuk memenuhinya dengan minum air secukupnya supaya cairan tubuh pulang normal.

7. Pembekuan Otak

Pendinginan secara seketika pada tubuh dapat menyebabkan faedah fisiologis terganggu. Biasanya anda akan pusing atau migrain. Studi mengenai pembekuan otak dilaksanakan untuk menyaksikan efek ketika seseorang minum air es/dingin. Sejumlah orang diminta minum es dengan sedotan sampai mengenai dinding langit-langit mulut mereka. Aliran darah yang mengarah ke otak lantas dimonitor. Ternyata terjadi penambahan aliran darah mengarah ke otak. Ini yang merangsang rasa pusing sesaat atau pembekuan otak.

Segera setelah tersebut rasa pusing bakal berangsur menghilang. Tentu akan dapat dipahami bila tiba-tiba saja/mendadak seseorang pusing sesudah minum air dingin. Pada penderita migrain dan sakit kepala, pembekuan otak berkesempatan terjadi. Studi dari Harvard Medical School sebagaimana dilansir CBSnews mendapatkan benang merah bahwa benak sangat sensitif terhadap suhu, sehingga dibutuhkan obat-ovat vasodilatasi supaya darah hangat mengalir dalam jaringan guna meyakinkan benak tetap dalam situasi hangat.

Namun demikian, semua dokter lebih menganjurkan minum air pada suhu kamar bakal jauh lebih baik daripada minum air es. Terutama bila kita sehabis makan. Karena tubuh akan menerbitkan energi tambahan untuk memanaskan air es dengan memakai suhu tubuh. Meski mempunyai risiko membahayakan untuk tubuh, tetapi minum air es/dingin pun ada manfaatnya.

Itulah Bahaya Keseringan Meminum Air Es Untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat yaa.

Masukan Emailmu Untuk Menjadi Visitor Premium GelahSehat

0 Response to "Bahaya Keseringan Meminum Air Es Untuk Kesehatan"

Post a Comment